Hore, ERAU sebentar lagi

Perhelatan akbar tahunan Pemkab Kutai Kartanegara yaitu Pesta Adat Erau tinggal nunggu hari. Pembukaan resmi pada 20 agustus, dan ditutup pada tanggal 28. Kepastian 10 Negara peserta folk art festival pun telah diumumkan. Taqline kali ini Kutai Kartanegara my Borneofor wildlife, adventure, and culture lovers. Bagaimana dengan persiapan yang lainnya???

Sesuai berita di Koran local, saat ini seluruh persiapan pelaksanaan acara akbar yang diselenggarakan secara sepekan penuh ini telah memasuki tahap akhir. Panitia penyelenggara untuk masing-masing divisi pun telah memaksimalkan tenaga. Untuk kegaiatan yang berhubungan dengan budaya berada dibawah komando Dinas Budaya dan Pariwisata (disbudpar). Kegiatan expo oleh Badan Penanaman Modal Daerah. Sedangkan untuk International Dragon Boad III oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Kedaton Kutai Kartanegara ing Martadipura pun mulai berbenah. Seperti diketahui kedaton utama yang digunakan dalam Festival Adat Erau ialah bangunan yang kini digunakan sebagai gedung Museum Mulawarman. Persiapan yang sangat tampak ialah pengerjaan 2 ekor naga badan naga yang terbuat dari rangkaian bamboo dengan panjang masing-masing kurleb 10 meter dihiasi porongan kain aneka warna dari leher hingga ekor.

Naga sendiri dalam mitologi asal usul Kerajaan Kutai Kartanegara merupakan makhluk yang sangat sakral. Untuk itu pengerjaannyapun dilakukan dengan ritual dan doa-doa khusus. Dimana pada akhir perhelatan Erau nanti, kedua naga itu dipotong dan badannya ditenggelamkan ke Sungai Mahakm sedangkan kepalanya kembali dibawa ke kedaton untuk disimpan.

Oke, kembali ke persiapan Erau. Untuk tahun ini, karena pekan pesta adat bertepatan dengan even-even kemeriaan hari kemerdekaan RI ke 71, sudah pasti acaranya akan lebih meriah dari sebelumnya. Tak hanya kegiatan utama yang dipersiapan panitia, masyarakatpun disetiap kelurahan dan RT akan melaksanakan berbagai kegiatan seru. Seperti lomba-lomba dan panggung hiburan. So pasti kemeriaan dipenjuru kota raja.

Masih tak percaya akan kemeriahan Erau tahun ini? Segera dech agendakan 20-28 Agustus ini untuk singgah ke Kutai Kartanegara. Berbagai even menarik menanti. Pertunjukan budaya, kirab, ritual adat dan pesta adat, seminar budaya, expo, panggung hiburan, folk art festival, de-es-te. Dan yang suka blanja blanji inilah saatnya. Berbagai perusahaan ternama di Indonesia hingga UMKM juga bakan buka stan pameran product.

Ohya, karena tingkat akupansi hotel dan penginapan disaat Erau membludak, untuk antisipasi sebelum kesini booking dulu ya. Jika ingin mencari home stay juga bisa. Hibungi saja kolega atau kenalan di Tenggarong. Mau hubungi saya juga boleh heheee. Ohya tiket pesawat nya juga jangan lupa ya.

C U in Kota Raja Tenggarong
\*bersambung*
******
Tenggarong – Kutai Kartanegara, yukz persiapan ke Erau, , , ,

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.