Persiapan Idul Qurban ( Sapi atau Kambing)

Hay, hay, hay, , , , Syawal sudah menunjukkan tanda-tanda purnama. Dan itu tandanya musim haji segera tiba. Persiapan manasik kubro diberbagai daerahpun sudah mulai dilakuakn. Konon kabarnya awal Agustus nanti pemberangkatan kloter jamaah haji telah dimulai. Berarti tak lama lagi idul adha atau idul qurban akan segera datang. Mari gemukan badan #lol!

Maksudnya gemukkan badan hewan-hewan ternak kita. Bagi para peternah, agen, hingga penjajan hewan qurban musiman, datangnya idul qurban adalah sebuah panen raya yang sangat dinanti. Oleh karena itu jauh-jauh hari mereka mempersiapkan dengan cermat. Seperti memberi makanan dan vitamin ekstra pada ternak mereka agar bobot tubuhnya makin tambun dan sehat. Dengan tujuan agar harga jual bisa melambung tinggi.

Seperti diketahui, saat jelang idul qurban, harga kambing dan sapi rata-rata akan mengalami kenaikan berjenjang. Mulai dari 10-40%. Tergantung kondisi si hewan tersebut saat proses jual beli berlangsung. Dan kemungkinan untuk tahun ini, menurut beberapa sumber yang kredible (karena dari penjualnya langsung). Harga satu ekor kambing yang masuk kategori bagus untuk qurban sekitar Rp 3 -3,5 juta. Sedangkan sapi bisa mencapai Rp 11-14 juta. Heemm lumayan manggut-manggut saya mendengarnya. Ini harga Tenggarong looohhh, , , , ,

Selain qurban merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan dalam QS Al Kausar ayat 2 yang artinya “Maka dirikanlah sholat dan berqurbanlah (untuk mendekatkan diri pada Nya),” sudah sepatutnya kita memberi perhatian lebih padanya. Alasan selanjutnya ialah agar perputaran ekonomipun terjadi.

Ga kebayang ya bagaimana ansib peternah dan agen-agen, serta penjual hewal qurban lainnya, saat jauh hari mereka sudah mempersiapkan dengan semaksimal mungkin, namun saat hari qurban hampir-hampir tidak ada yang beli. Dengan alasan masyarakat ekonomi sedang sulit makanya tak bisa mengeluarkan dana untuk qurban. Sayapun sama seperti itu saat ini kondisinya.

Namun ada solusi yang bisa kita lakukan, seperti patungan qurban. Bisa lebih murah dan mudah bukan. Jika itupun masih terasa berat, mari persiapkan qurban dengan bersungguh-sungguh berdoa pada Allah. Ya, saat para peternak menyiapkan hewan qurbannya sebaik mungkin, kitapun bisa memperispkan membeli hewan tersebut dengan jalan berdoa dengan sungguh-sungguh. Meminta izin pada Allah untuk diberi jalan rezeki. Agar Idul Adha tahun ini, kita bisa ambil bagian. Bukan hanya menanti jatah pembagian daging. Tapi memberi jatah pada sekitar kita. Indahnya berbagi.

Yukz saling doa mendoakan semoga idul adha tahun ini kita dapat ambil bagian dalam perputaran perekonomian ummat sebagai pembeli hewan qurban. Allahumma aamiin….

******
Loa Kulu –Kutai Kartanegara, hunting-hunting harga hewan qurban.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.