Seberapa Yakin Kamu Dengan Janji Allah?

Edisi Senin pagi, kali ini materi komunitas Selamat Morning Indonesia (#SMI) adalah Yakin Bagian ke 7. Dengan bahasa gamblang dan sedikit menampar Ustadz Yusuf Mansyur yang merupakan guru utama #SMI kembali menanyakan mengenai keyakinan setiap peserta akan janji Allah Tuhan semesta alam.

Dengan materi tugas yang harus kita kerjakan sebagai bukti masih mengikuti kajian rutin ialah menulis ulang QS Al Mursalat (77) ayat ke 7. Woooowww, , , mata sepet karena galau baca ayat ini mah langsung melotot. Apalagi orang beriman, dijamin langsung on fire berbenah diri.

“innnamaa tuu’aduuna lawaaqi’!”
Sungguh apa yang dijanjikan kepadamu pasti terjadi!!!

-Betewe apa sich yang di janjikan Allah memangnya????

-Buanyaaaaakkkkkkk

Baik berupa janji Allah pada orang-orang beriman, bertaqwa, orang sholeh/sholihah, dan sikap positif lainnya. Ataupun janji Allah pada orang-orang pembangkang, munafik, manusia fasik, dan aneka kedzoliman lainnya.

Karena masih dalam suasana tahun galau. Saya amat sangat bersyukur bisa nemu ayat ini. Kajian pagi ini sebenarnya, beberapa hari yang lalu saya sempat bermimpi. Sayapun kebetulan juga telah menceritakan pada salah satu sahabat karib. Apa isi mimpinya?

Saya seolah sedang mengaji menggunakan al quran kesayangan yang telah menemani sekitar 11 tahun terakhir ini. Saya ngaji dihadapan guru, namunsaya tak paham dengan wajahnya. Yang sedikit saya ingat belio adalah laki-laki. Sang guru menyuruh saya mempelajari Juz 29. Surat demi surat pun dibuka. Dan beliau menunjuk pada sebuah halaman dan surat tertentu. Namun sayangnya saya tak bisa ingat sama sekali halaman berapa dan surat apa.

Alhamdulillah masih ingat Juz nya. Sehingga beberapa hari terakhir saya mencoba tadabur mulai QS Al Mulk, Al Qalam, Al-Haqqah, Al Ma’arij, Nuh, Al Jinn, Al Muzzammil, dan Al Muddatstsir. Artinya masih ada tiga surat lagi yang belum. Yaitu Al Qiyamah, Al Insan, dan Al Mursalat. Sebagai orang beriman tentu kita wajib meyakini bahwa taka da sesuatu yang kebetulan. Karena semua atas kehendak Allah.

Sepertinya ini benar-benar menjadi sebuah rezeki yang sangat luar biasa bagi saya. Rentetan peristiwa yang mungkin telah ditunjukkan Allah. Bahkan jika ditarik kebelakang lagi berawal dari ilmu Garpu Tala yang mempertemukan saya dengan berbagai ayat menakjubkan atas setiap pertanyaan yang saya ajukan pada Allah dalam doa, hingga akhirnya hari ini dipertemukan dengan Qs Al Mursalat 7 ini.

Mungkin inilah hardikan Allah untuk ku karena masih saja menyimpan galau meski telah beberapa kali mendapati ayat Nya untuk terus yakin jika Dia adalah Maha Berkehendak. Dan Dia memutuskan segala sesuatu sesuai kehendak Nya. Dia memberi petunjuk bagi siapa saja yang dikehendaki, dan menyesatkan siapa saja yang dikehendaki pula.

Kata orang jangan percaya mimpi. Namun jika mimpi akan ayat Al Quran dan ilmu yang bermanfaat untuk terus belajar. Mungkinkah Syaiton memiliki kemampuan untuk mendustakan Al Quran. Wallahu ‘alam bishshowaf. Semoga Allah melindungi kita semua dari ketidak pahaman dan memberi petunjuk dalam setiap langkah.

*bersambung*
*****
Loa Kulu-Kutai Kartanegara, need You Allah.

2 replies
  1. Eko Suseno
    Eko Suseno says:

    Aamiin..
    Subhanallah.. Jadi adem abis baca nie tulisan. Keyakinan seseorang memang sangat lentur jika jarang sekali mengisi hati dan pikirannya dengan ayat2 Allah.
    Trims sdh diingatkan mbak..
    Nice post.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.